Cerita Donkey Kong dalam Chapter King K. Rool's Revenge

Pada awal game Donkey Kong 64, Donkey Kong sedang berolahraga di rumahnya sebelum diinterupsi oleh Squawks. Dia diberitahu bahwa semua Pisang Emasnya telah dicuri dan empat temannya diculik: Diddy Kong, Lanky Kong, Tiny Kong, dan Chunky Kong. DK pergi ke Cranky Kong yang menginstruksikannya untuk menjalani Training Barrels-nya sebelum memberinya ramuan untuk meningkatkan kemampuannya. Membuat jalan ke luar pulau, Squawks melaporkan ke Donkey Kong bahwa Raja K. Rool telah kembali, yang berarti Kremling bertanggung jawab atas hilangnya timbunan dan Kong.
Donkey Kong pergi ke pulau terapung yang terhubung dengan pulau mekanis K. Rool, di mana ia menemukan K. Lumsy, Kremling yang sangat tidak patuh, telah dikurung karena tidak menghancurkan pulau itu karena menyukai primata. Donkey Kong berjanji akan menemukan kunci untuk membebaskannya dari kurungan, membuat K. Lumsy melompat kegirangan dan secara tidak langsung membuka jalan menuju Jungle Japes. Sesampai di sana, DK menemukan Diddy Kong dan membebaskannya setelah memperoleh Penembak Kelapa dari Funky Kong. Seiring dengan Funky dan Cranky, Donkey Kong juga menemukan sekutu lain: Snide dan Troff and Scoff. Snide mengungkapkan King K. Rool bermaksud menggunakan senjata yang disebut Blast-O-Matic untuk menghancurkan Kepulauan Donkey Kong dan menawarkan bantuan untuk menyabot senjata jika dia membawa cetak birunya, menukarkan Pisang Emas untuk masing-masing senjata. Sementara itu Troff membuka pintu untuk bos (anak buah K. Rool yang paling tangguh yang memiliki kunci kandang K. Lumsy) ketika Scoff diberi cukup banyak pisang. Di Angry Aztec, Candy Kong juga bergabung dalam kampanye, menghadiahkan Donkey Kong satu set Bongo.
Saat Donkey Kong membebaskan teman-temannya yang lain, mereka membantunya menemukan Pisang Emas dan kunci kandang K. Lumsy. Dengan satu kunci tersisa, K. Lumsy membuka jalan menuju Hideout Helm, tempat pusat kendali Blast-O-Matic berada. Dengan cetak biru yang mereka kumpulkan, Snide mampu menunda tembakan senjata hingga lima puluh menit. Donkey Kong dan kru berhasil mematikan Blast-O-Matic dan menemukan kunci terakhir untuk membuka kandang K. Lumsy di ruang tahta K. Rool, meskipun reptil jahat mengosongkan ruangan sebelum mereka masuk. Akhirnya dibebaskan, K. Lumsy mencegah K. Rool melarikan diri di King Kruiser II, menjatuhkannya dari langit. Kongs pergi ke reruntuhan untuk menghadapi K. Rool untuk pertarungan terakhir, menemukan arena tinju di dalamnya. Donkey Kong adalah orang yang melawan King Krusha Rool (alias petinju K. Rool) di ronde pertama, meledakkan meriam laras ke arahnya. Setelah kalah dari kelima Kong, K. Rool mendapat pukulan terakhir dari Funky Kong. Setelah menerima pukulan dari K. Lumsy, K. Rool melarikan diri dari pulau itu.